Jenis - Jenis Pondasi Pada Bangunan

1. Pondasi Umpak

Pondasi Umpak adalah pondasi yang diletakkan di atas permukaan tanah kemudian dikeraskan dengan batu kali serta diikat sloof. Biasanya pondasi umpak digunakan di rumah adat ataupun rumah kayu.

Pondasi umpak

Pondasi Umpak

2. Pondasi Menerus

Pondasi menerus adalah pondasi yang di buat dengan bahan dasar batu kali/batu gunung yang merupakan bagian dari struktur konstruksi bangunan yang disalurkan dari struktur atas seperti dinding, atap dan jenis struktur lainnya. Pondasi menerus biasanya digunakan pada bangunan satu lantai.

Pondasi menerus
Pondasi Menerus

3. Pondasi Telapak

Pondasi tapak adalah struktur beton bertulang yang dibuat layaknya sebuah telapak dan letaknya berada di bawah sebuah kolom pada bangunan untuk meneruskan beban struktur dari atas ke bawah tanah dengan baik. Kedalaman pondasi tapak akan disesuaikan dengan keberadaan tanah keras.

pondasi telapak

Pondasi Telapak

4. Pondasi Sumuran/Cyclop

Pondasi Sumuran/Cyclope merupakan salah satu pondasi dalam yang jadi peralihan antara pondasi dangkal dan pondasi tiang. Umumnya pondasi cyclop digunakan pada susunan tanah bawah yang kedalamannya lumayan dalam. Tipe pondasi ini sangat pas apabila diterapkan pada bangunan yang terletak di atas susunan tanah keras dengan kedalaman antara 3 hingga 5 meter.

pondasi sumuran/cyclope

Pondasi Sumuran/Cyclope

5. Pondasi Dalam

Pondasi tiang pancang merupakan pondasi tiang yang dibuat terlebih dahulu biasanya dari beton Pabrikasi, kemudian dimasukkan ke dalam tanah hingga mencapai kedalaman lebih dari 3 meter, pondasi ini biasanya  digunakan pada bangunan besar, jembatan, dermaga dll

Jenis Pondasi Tiang Pancang :

  • Pondasi Tiang kayu
  • Pondasi Tiang Baja Profil
  • Pondasi Tiang Beton Pracetak
  • Pondasi Tiang Beton Pratekan/Beton Prategang
  • Pondasi Tiang Komposit

pondasi dalam
Pondasi Tiang Pancang
LihatTutupKomentar